Rabu, 25 Maret 2015

Bagian-bagian Skateboard

 Sebagian orang pasti tahu olahraga yang sedang tren sekarang yaitu skateboard. namun masih sedikit yang tahu apa saja komponen-komponen yang ada di skateboard. Nah kali ini saya akan sedikit me review komponen-komponen dri skateboard.
 
Berikut ini adalah bagian–bagian dari skateboard:
 

Deck

 Deck adalah papan yang digunakan dalam skateboard. Terbuat dari kayu maple yang biasanya terdiri dari 7 sampai 9 lapisan kayu yang direkatkan dengan lem dan dipress kedalam wadah press an untuk membentuk concaves.concaves adalah lekukan pada deck.

 Griptape
 
 Deck harus ditambah dengan griptape yang berguna agar tidak licin saat kita menggunakan skateboard. Bentuknya seperti kertas ampelas yang di tempel pada deck.
 
Truck
Berguna sebagai penyangga antara deck dan wheel. Ukuran truck harus diseimbangkan dengan ukuran papan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
 
Bushing
Pada truck terdapat karet suspense yang bernama Bushing yaitu potongan urethane yang berbentuk donat dan diletakkan dikingpin, disetiap truck terdapat 2 bushing. Busing diletakkan diantara hanger satu diletakkan dibawah hanger dan satunya diletakkan diatas hanger.bushing bisa dikencangkan atau dikendorkan sesuai dengan jenisnya ada yang hard, medium, dan soft.
 
 
Bearing
 Yaitu benda yang berfungsi sebagai poros putaran wheel, bearing terdiri dari 6-8 bola yang dilindungi oleh penahan. Satu roda membutuhkan 2 bearing, Jadi untu 4 roda membutuhkan 8 bearing.
 
Wheels
Roda yang terdapat pada skateboard biasanya terbuat dari poliuretan. Bermacam-macam ukurannya
Street: biasanya ukuran 48-55 mm dengan tingkat kekerasan 97-101a.
Vert: ukuran 55-65 mm dengan kekerasan 95-100a
 
Riser pad
 adalah palstik berbentuk persegi yang diletakkan diantara truck dan decks.riser berfungsi untuk meredam tekanan gravitasi dan membuat papan awet, namun bagian ini tidak wajib ada di skateboard
 
Hardware
 Terdiri dari baut dan mur untuk memasangkan deck dan truck. Hardware tersedia dalam berbagai ukuran panjang untuk pemasangan truk dengan atau riser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar